BP KHITAN 2019

BP KHITAN 2019

 Balai Pengobatan dan Khitan 2019

SDN Cisitu, Desa Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat

 

Kegiatan Balai Pengobatan dan Khitan AMP 2019 dilaksanakan pada hari yang telah direncanakan yaitu, Minggu, 29 September 2019 di SDN Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Kegiatan ini membawa mahasiswa FK Unpad angkatan 2017, 2018, dan 2019. Sesampainya diawali dengan orientasi denah SD pada peserta FK yang dilakukan bersamaan dengan briefing AMP. Acara dibuka dengan upacara pembukaan dengan sekretaris Desa Sindangjaya sebagai pemberi amanat upacara. Kegiatan balai pengobatan dan khitan dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pukul 13.00. Kegiatan dibagi menjadi 5 sesi dengan alokasi waktu 60 menit per sesinya.

Dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan memang menarik perhatian banyak pihak untuk terlibat, terlebih dikarenakan ini merupakan kegiatan sosial yang sangat bermanfaat bagi desa Sindangjaya dan Cilangari-desa tetangga yang juga kekurangan tenaga medis-.

Para mahasiswa FK antusias mendaftar menjadi volunteer, panitia AM dan AMP antusias mendata pasien yaang butuh khitan dan menyebarluaskan kupon pengobatan gratis, pihak sponsor juga turut membantu pendanaan dan pengadaan saran prasarana penunjang.

Persiapan yang dilakukan diusahakan sebaik mungkin agar kegiatan berlangsung baik.

Akhirnya tibalah hari yang ditetapkan.

 Pasien balai pengobatan harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke bagian registrasi, kemudian menunggu di area tunggu. Pasien akan dipanggil ke ruangan balai pengobatan untuk dilakukan pemeriksaan dan pemberian resep obat lalu pasien menuju ke apotek untuk menebus obatnya. AMP mendatangkan secara langsung dokter umum dan dokter spesialis untuk turut serta dalam kegiatan sosial ini. Pasien yang datang berbondong-bondong. Menaruh harapan kesehatan mereka terhadap dokter-dokter yang ada. Jumlah pasien yang datang bahkan melebihi target maksimal pasien yang telah ditetapkan, membuktikan antusiasme warga yang juga sangat tinggi untuk tetap sehat.

Untuk pasien khitan yang sudah terdaftar menuju bagian registrasi kemudian menunggu gilirannya. Pasien akan dipanggil ke kamar khitan untuk dilakukan proses khitan. Setelah proses khitan dilakukan follow up untuk melihat apakah masih ada perdarahan pada jahitan pasien. Suara tangisan anak dan suara penghiburan orang tua juga turut mengisi keadaan SDN CIsitu siang itu. Walau banyak pasien khitan yang tidak jadi datang, kami tetap melakukan yang maksimal terhadap pasien-pasien yang telah datang baik karena alasan keagamaan dan kesehatan

Kegiatan ini selain membantu warga desa juga merupakan suatu tempat mengumpulkan ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa, AM, bahkan dokter-dokter AMP lainnya. Dimana di tempat ini para dojter membagikan kpengalaman dan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan bagaimana menjadi seorang dokter dalam memahami pasien dan apa yang dibutuhkan pasien itu sendiri.

Belajar obat-obatan dan mengedukasi pasien menjadi nilai tambah dari kegiatan ini yang akan membuat mahasiswa dan AM semakin bertambah lagi ilmu dan pengalamannya dalam menghadapi pasien.

Setelah kegiatan, panitia dan peserta FK melakukan ishoma dan beres-beres logistik. Acara ditutup dengan foto bersama dan upacara penutupan di lapangan SD. Evaluasi dilakukan di basecamp AMP dan diakhiri dengan persiapan kepulangan. Acara inti dari kegiatan ini adalah pengaplikasian materi medis dan memenuhi syarat dari dewan pengurus serta sebagai ajang untuk menarik minat peserta FK untuk masuk AMP. Acara berlangsung dengan baik dan lancar.

Kegiatan Balai Pengobatan dan khitan 2019 telah usai. Semoga meninggalkan kesan baik bagi warga sekitar dan menjadi pengalaman berharga yang tidak akan pernah dilupakan oleh kami. Sampai jumpa, Gununghalu dan  segala keindahan dan keramahannya.