Oseanografi ITB, Lingkung Seni Sunda ITB, Geodesi ITENAS, GPA SMAN 2 Bandung, Sadagori SMAN 5 Bandung

Atlas Medical Pioneer FK Unpad kembali bertugas sebagai tim bantuan medis dalam kegiatan organisasi pecinta alam, organisasi non-pecinta alam, maupun akademik SMA dan Perguruan Tinggi di Bandung. Pada kepengurusan DP XXIII Kabinet II periode November 2019 hingga awal Januari 2020, Divisi Bantuan Medis AMP mengoordinasi aspek kesehatan dan keselamatan kegiatan Kuliah Lapangan Oseanografi Institut Teknologi Bandung, Lingkung Seni Sunda Institut Teknologi Bandung, Geodesi Institut Teknologi Nasional, GPA SMAN 2 Bandung, dan Sadagori SMAN 5 Bandung.

BANMED OSEANOGRAFI

oleh Tasya pada 24 November 2019

Kegiatan Kuliah Lapangan Oseanografi Institut Teknologi Bandung dilaksanakan pada hari Jumat–Minggu, 22–24 November 2019. Acara ini diadakan di Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, DKI Jakarta. Sebelum turun ke lapangan, peserta kuliah lapangan ini diperiksa kesehatannya oleh Tim AMP pada Selasa, 19 November 2019.

Rangkaian acara berlangsung dari pukul 9 pagi hingga 4 sore dan dilanjutkan keesokan harinya hingga pukul 1 siang. Kegiatan meliputi observasi flora dan fauna laut, observasi dan penanaman terumbu karang dan pemahaman siklus hidup & ekosistem penyu laut.

Tim yang bertugas beranggotakan dr. Faisal Suryonegoro AMP 2316004 GV, Tasya Maurizqa, S.Ked AMP 2418025 NW, Redyaska, S.Ked AMP 2418016 NW, dan didampingi oleh panitia beserta 3 Dosen Oseanografi telah menjaga kesehatan peserta hingga akhir acara dan seluruh peserta pulang dengan selamat.

Terima kasih Oseanografi ITB atas kerja samanya.

BANMED LSS ITB

oleh Amanda pada 22 Desember 2019

Atlas Medical Pioneer FK Unpad kembali bertugas sebagai tim bantuan medis dalam kegiatan Makrab Lingkung Seni Sunda Institut Teknologi Bandung pada hari Sabtu-Minggu, 21-22 Desember 2019. Acara ini diadakan di Kebun Teh Sukawana, Parongpong, Bandung Barat dan diikuti oleh 42 calon anggota LSS ITB. 

Rangkaian acara berlangsung dari pukul 9 malam hingga 10 pagi, meliputi kegiatan pos materi, uji peduli, penarikan komitmen, hingga pembacaan surat keputusan anggota baru sambil mengelilingi hangatnya api unggun. 

Tim yang bertugas beranggotakan Adit Faturohman, S.Ked AMP 2316001 GV, Aditya Hakim AMP 2418002 NW, Gezira Azka AMP 2418004 NW, dan Amanda Diannisa AMP 2418020 NW, didampingi oleh panitia telah menjaga kesehatan peserta hingga akhir acara dan seluruh peserta pulang dengan selamat.

Terima kasih LSS ITB atas kerja samanya.

BANMED GEODESI ITENAS

oleh Wahyu Syahrul R pada 01 Desember 2019

Atlas Medical Pioneer FK Unpad kembali bertugas sebagai tim bantuan medis dalam kegiatan Pelantikan Anggota Himpunan Mahasiswa Geodesi (HMGD) Institut Teknologi Nasional (Itenas) pada hari Sabtu-Minggu, 31 November – 01 Desember 2019. Acara ini diadakan di Kawasan Konservasi Taman Buru G. Masigit Kareumbi, Kec. Cicalengka, Bandung, Jawa Barat dan diikuti oleh lebih dari 100 orang, yang terdiri dari peserta pelantikan, panitia pelantikan, dan alumni dari HMGD Itenas.

Rangkaian acara berlangsung dari pukul 14.00 siang hingga 10.00 pagi. Rombongan peserta berangkat dari Masjid Mubarak dan sampai di lokasi pelantikan sekitar pukul 17.00. Ketika di perjalanan didapati beberapa peserta dan panitia yang mengalami mabuk perjalanan dengan gejala pusing, mual, dan muntah. Setelah tiba di lokasi, peserta langsung berbaris untuk melakukan pengecekan logistik. Setelah itu, peserta bergerak menuju lokasi camp dan melaksanakan shalat magrib. 

Rangkaian acara yang berat dimulai ketika waktu pos-posan pada pukul 20.00 dan baru selesai ketika mendekati waktu shubuh. Tim AMP yang beranggotakan Zahra Safar, dr.  AMP 2316021 GV, Wahyu Syahrul R AMP 2418022 NW, Yumeico Sachi AMP 2418009 NW, dan Bilqis Iasha AMP 2418023 NW kemudian dipecah untuk memegang kelompok yang berbeda-beda.

Bersama dengan tim medis dari panitia HMGD, tim banmed AMP telah menjaga kesehatan peserta hingga akhir acara dan seluruh peserta pulang dengan selamat.

Selamat kepada para Anggota Himpunan Mahasiswa Geodesi Itenas 2019! Terima kasih HMGD Itenas atas kepercayaan dan kerjasamanya. 

BANMED GPA SMAN 2 BANDUNG

oleh Nama Anda pada 04 September

Masukkan teks Anda di sini Masukkan teks Anda di sini Masukkan teks Anda di sini Masukkan teks Anda di sini Masukkan teks Anda di sini.

BANMED SADAGORI SMAN 5 BANDUNG

oleh Fahmy pada 4 Januari 2020

Atlas Medical Pioneer FK Unpad kembali bertugas sebagai tim bantuan medis dalam kegiatan Pendidikan Dasar Sadagori SMAN 5 Bandung pada hari Sabtu, 25 Desember 2019 hingga hari Jumat, 3 Januari 2020. Acara hari pertama merupakan lapangan Tebing Alam yang diadakan di Tebing Citatah 125, Kab. Bandung Barat. 

Hari berikutnya siswa melambung ke Kebun Teh Sukawana, Parongpong, Bandung Barat dan dilanjutkan dengan longmarch menuju Tangkuban Perahu kemudian ke Panaruban. Hari kedua sampai ketiga  ini kegiatan cukup berat karena full dengan longmarch, namun keadaan siswa masih terkrontrol dengan baik oleh Panitia dan Tim Banmed AMP. Saat bivoac siang, salah seorang siswa tersayat oleh kaleng sarden mengakibatkan luka terbuka pada ibu jari kanan.

Setelah sampai ke tempat Camp di panaruban pada hari keempat, siswa belajar ilmu navigasi dan penyebrangan kering dan panjat pohon. Kondisi siswa masih cukup baik, beberapa siswa ada yang mengeluhkan sakit-sakit ringan seperti pusing, rasa mulas, maupun lemas, namun keadaan membaik setelah diberi obat oleh tim banmed tanpa ada penyakit parah yang timbul.

Pada hari kelima, siswa menjalani kegiatan materi Search & Rescue, serta PPGD-KAT (Pertolongan Pertama Gawat Darurat-Kasus Alam Terbuka), sebelum memulai kegiatan dan sebelum siswa memasuki istirahat malam, tim bantuan medis AMP diberikan kesempatan untuk memeriksa kaki siswa yang memiliki bullae, dan mengawasi serta membantu siswa melakukan perawatan luka pada kaki nya. Tim dari AMP pun dipersilakan ikut berbagi ilmu PPGD-KAT bersama para pelatih.

Memasuki hari keenam dan tujuh, siswa bersiap melewati tahun baru dengan keadaan lapar dan kedinginan. Para pelatih dan tim bantuan medis AMP membentuk camp kecil di dekat area survival siswa agar bisa mengawasi dan bertindak cepat jika ada kejadian yang tidak diinginkan. Siswa berhasil melewati survival dalam keadaan sehat.

Pada hari kedelapan, siswa menjalani recovery dan bersiap untuk pulang dari tempat Camp. Pada hari ini, tim bantuan medis AMP kembali memeriksa kondisi badan siswa secara menyeluruh agar siswa siap melewati kegiatan yang berat di esok hari.

Akhirnya, siswa berangkat dari Camp Panaruban dan berjalan bersama hingga ke Puncak Eurad. Tim bantuan medis AMP memastikan bullae pada kaki siswa sudah ditutup dengan baik untuk mengurangi rasa sakit saat berjalan. Adapun pergantian plester untuk siswa yang telah diberikan hecting pada jarinya bertujuan agar mencegah luka jahitannya menjadi kotor dan terinfeksi.

Pada malam terakhir, tim bantuan medis AMP mengawasi para siswa merawat kakinya masing-masing tanpa perlu dibantu oleh pelatih ataupun tim dari AMP, karena siswa sudah cukup memahami cara menangani bullae. Setelah pengecekan kondisi kesehatan kaki, siswa kembali berjalan panjang hingga sampai ke SMAN 5 Bandung dimana mereka disambut oleh keramaian yang menyaksikan pelantikan Anggota Muda Sadagori.

Tim yang bertugas beranggotakan Vani Shafira Mohani, dr.  AMP 2316020 GV, Aditya Hakim AMP 2418002 NW, dan Fahmy Fathurrohman AMP 2418003 NW, Tsaniya Zahra AMP 2418007 NW, Wahyu Syahrul Ramadhan AMP 2418022 NW, Ottorino Farhan, dr. AMP 2112042 JS, Normalinda Widya Hakim, S.Ked AMP 2316003 GV, Ilham Dwiretya, S.Ked AMP 2316012 GV, Redyaska Dwiputra, S.Ked AMP 2418021 NW, Faisal Suryonegoro, dr. AMP 2316004 GV, dan Reyhan Bayu Kenji, S.Ked AMP 2418026 NW. Tim banmed ini secara bergantian turun ke lapangan. Bersama dengan panitia Sadagori, tim banmed AMP telah menjaga kesehatan peserta hingga akhir acara dan seluruh peserta pulang dengan selamat.

Selamat kepada para Anggota Muda Sadagori! Terima kasih Sadagori SMAN 5 Bandung atas kepercayaan dan kerjasamanya. 

Jaya selalu AMP!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *