Pendidikan Dasar XXIII AMP

Lapangan Tebing dilaksanakan untuk memperkenalkan skill panjat tebing yang merupakan modifkasi dari skill gunung hutan. Lapangan Tebing di Pendidikan Dasar XXIII Atlas Medical Pioneer ini mencakup kegiatan mentoring, lapangan tebing papan, dan lapangan tebing alam.

Kegiatan mentoring mencakup pengajaran dalam hal simpul dan tali temali, sejarah pemanjatan, dan teknik-teknik pemanjatan yang meliputi standard operation procedure (SOP), teknik belaying, dan teknik memanjat. Materi tersebut yang nantinya akan dipraktekkan oleh siswa saat kegiatan lapangan.

Rangkaian kegiatan yang kedua adalah lapangan tebing papan yang bertujuan agar siswa-siswi dapat mempraktikkan materi yang sudah diberikan saat kegiatan mentoring, juga untuk mempersiapkan lapangan tebing alam. Lapangan tebing papan ini dilaksanakan pada tanggal 2 April 2016. Pada lapangan tebing papan ini, siswa mendapatkan materi mengenai panjat tebing dan ada beberapa pos yang harus diikuti siswa seperti pengenalan alat-alat pemanjatan, kegiatan pemanjatan top rope, dan kegiatan rappelling. Siswa diharuskan mencoba kegiatan pemanjatan di papan terlebih dahulu sebelum melakukan pemanjatan di tebing alam.

Lapangan Tebing Alam adalah rangkaian kegiatan terakhir yang harus diikuti siswa yang berlangsung selama 2 hari di Tebing Citatah 125. Materi-materi yang disampaikan tersebut terbagi menjadi 2 hari (7 & 8 April 2016). Kegiatan hari pertama adalah kegiatan pemanjatan top rope, sedangkan hari kedua adalah kegiatan rappelling. Siswa harus sudah dapat mempraktikkan materi yang sudah diajarkan dengan baik dengan menerapkan safety procedure sebagai prioritas utama.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *